Windows XP vs Windows Vista

Blogspot version

Dengan promosi berkembangnya sistem operasi Windows Vista yang dikembangkan oleh Microsoft. Banyak vendor yang memaksa menawarkan Vista dalam komputer rakitannya. Hal itu membuat kita bingung untuk menentukan sistem operasi yang kita pakai, ditambah lagi dengan iming-iming tentang kelemahan keunggulan-keunggulah yang ada di Vista (terutama AERO). Hal ini ditunjang dengan harga vista yang lebih “murah” dibanding XP (yang versi mana?). Sebagai pebandingan harga lihat di Rakitan.com. Tapi janganlah terkecoh dengan semua itu perhatikan sistem requirement dari Vista (bukan dari Microsoftnya) untuk layak menampilkan AERO (bukan score recomended vista yang nilainya 6) :

  • Processor, minim HT (LGA)/ Athlon64 X2 DC, Dual Core/ Core2Duo / Phenom lebih baik.
  • Memory, Dual Channel (minim 512mbx2)
  • VGA, gforce 8600GT/ HD2600 (PCIe)
  • Matherboard, jelas yang bisa ditancepi processor, memory, diatas.

Tapi dalam kenyataan, ada keanehan dalam pemilihan VGA. Jika kita memakai produk nVidia
dibanding denagan produknya ATI. Score AERO pada Vista akan lebih tinggi, jika pakai ATI dibanding NVidia (produk setara). Padahal untuk game, nVidia lebih unggul… kenapa ya? aku sendiri tidak tahu! mungkin ini efek dari perseteruan permusuhan antara Intel dengan nVidia mengenai SLI, sedangkan ATI jelas-jelas sudah membuka Crossfirenya.

Jika ada pertanyaan manakah yang lebih unggul antara Windows Vista dengan Windows XP, maka jawabannya adalah Windows Vista. Sebab Windows Vista unggul dalam :

  • Kebutuhannya akan kecepatan processor (yang device manager muncul dua)
  • Kebutuhan akan memory besar (dual channel lagi)
  • Kebutuhan akan VGA  (nVidia 8800GT)
  • Lemotnya (terutama untuk kompi spek rendah)
  • Tampilan AERO (di Linux sudah lama ada)
  • Security (ingat Linux lagi)
  • Child Protection (include)
  • Searching (kayak google desktop)
  • Widget (ingat linux lagi)
  • Windows Defender (include)
  • Game lebih lemot dibanding jalan di XP (DirectX 10)
  • dan yang gak kalah pentingnya, Lebih memusingkan kita yang tidak mempunyai Hardware seperti diatas🙂

4 Responses

  1. Berarti enakan pake XP ya?😀

  2. Tuh kan gua bilang juga apa, vista lebih unggul dari xp, tapi ada satu kekurangan vista yaitu spek hardware yg terlalu tinggi, masa gua harus beli nvidia seh… darimana gua punya duit hihihi… Wah emang dilinux dah ada om? Emang dilinux apaan yg udah pernah pake aero? Bisa pesen cd-nya gak kayak ubuntu?

  3. Kalau aku linux, lebih suka pakai PcLinuxOs kerena “Radically simple” (semboyannya).
    PcLinuxOs = 1 cd, + 8 DVD Repository-nya. Untuk mendapatkan mudah, cari aja di komunitas linux di daerahmu terdekat (murah kok). Repository adalah tambahan software2 untuk tambahan… (lihat aja di http://distrowatch.com/ dan cari keterangan mengenai linux yang bersangkutan).
    Untuk yang lebih simple cari installer SO di Laptop Axio, disitu ada PcLinuxOS (DVD) yang sudah dimodifikasi oleh Axio.
    Atau pesan modifikasi PcLinuxOs di http://pclinux3d.com/ (terdapat berbagai versi + buku panduannya)

  4. upgrade ke win 7 aja, saya baru install windows 7 nih, mantap bin keren n so far blm ada problem gan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: