Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya

Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya yang merupakan event pertama dari idblogilicious atau roadblog yang diadakan oleh idblognetwork di 7 kota besar telah usai. Blogilicious de Surabaya yang merupakan seminar dan semi workshop yang dibuka untuk umum ini, telah meninggalkan banyak kenangan dan pengalaman yang berharga bagi kita semua. Kita dapat bertemu dengan teman-teman maya kita, kita dapat saling bertukar pikiran secara langsung serta yang tak kalah pentingnya yaitu kita mendapatkan bimbingan dalam nge-blog oleh tokoh-tokoh blogger ternama.

Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious Surabaya

Tujuan Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious SurabayaBlogilicious de Surabaya: Tip Blogging – Amril Taufik Gobel

Tujuan dari Blogilicious de Surabaya ini yaitu untuk mensosialisasikan pengetahuan tentang Etika Blogging, SEO dan Google Panda Algorythm, Mobile Blogging, Blogpreuner, Blog Monetizing dan Social Media, melatih blogger supaya lebih handal dalam penulisan artikel, pengamanan blog dan design template yang menarik, serta memanfaat blog sebagai lahan bisnis yang terutama bagi Blogger yang memiliki konten berkualitas.

Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious SurabayaBlogilicious De Surabaya – Etika Ngeblog – Raden Ajeng N Purwaningsih

Peserta Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya yang diadakan di Universitas Pembangunan Nasional Veteran selama 2 hari, mendapat sambutan masyarakat umum dengan sangat antusias. Peserta yang hadir di Blogilicious de Surabaya ini sebanyak 320 peserta. Itu merupakan nilai yang melebihi dari 200 peserta yang direncanakan sebelumnya.

Peserta Blogilicious de Surabaya yang hadir terdiri dari 5 golongan. Golongan pertama, mahasiswa yang belum tahu sama sekali tentang blogging. Golongan kedua, mahasiswa yang mengenal blogging. Golongan ketika, peserta umum yang tidak tahu tentang blogging. Golongan keempat, peserta umum yang tahu tentang blogging. Golongan lima, para member idblognetwork. Dari 5 golongan tersebut kalau kupersempit lagi akan terbagi dua golongan, yaitu golongan yang tidak tahu blogging dan golongan yang tahu blogging.

Kelebihan & Kekurangan di Blogilicious de Surabaya

Melihat dari banyaknya peserta Blogilicious de Surabaya yang beraneka ragam di atas, tentu banyak kendala-kendala yang akan terjadi. Masih banyak kekurangan-kekurangan yang terjadi di sana-sini. Tapi secara umum kekurangan tersebut dapat tertutupi dengan hiburan yang menarik disela-sela acara seminar dan semi workshop tersebut.

Kelebihan Blogilicious de Surabaya

Blogilicious de Surabaya: Harapan idBlogilicious SurabayaBlogilicious de Surabaya: hiburan musik tradisional

Penyediaan tempat yang bagus, full AC dan tersediannya hotspot untuk Blogilicious de Surabaya terasa mengikis jauhnya lokasi dari pusat transportasi. Demikian juga dengan susunan acara yang disajikan, terasa tidak monoton seminar dan semi workshop saja. Disela-sela seminar satu ke seminar berikutnya, disajikan berbagai hiburan seperti tari tradisional, nyanyian, sulap, serta atraksi musik tradisional yang sangat menarik. Dengan adanya hiburan tersebut, peserta dapat sedikit refreshing jadinya.

Kekurangan Blogilicious de Surabaya

Tiada gading yang tak retak. Dibalik kemulusan acara Blogilicious de Surabaya masih terdapat beberapa kekurangan yang terjadi. Kekurangan tersebut rata-rata dari penyajian materi.

Kalau kita lihat di atas, peserta yang terdiri dari golongan yang tidak tahu blogging dengan golongan peserta yang tahu blogging, memang sangat sulit untuk menyampaikan suatu materi seminar. Di sini diperlukan kejelian para pembicara untuk membawakan materi tersebut.

Golongan peserta yang belum tahu cara nge-blog, tidak akan mengerti jika diberi materi yang terlalu teknikal. Sedangkan peserta yang sudah tahu cara nge-blog juga akan terasa bosan jika diberikan materi yang terlalu dasar. Dengan waktu yang sedemikian singkat itu, memang diperlukan teori praktis dan terapan yang dapat diterima kedua golongan tersebut.

Tema tentang Blogpreuner, Blog Monetizing, Social Media, pengamanan blog, design template dan SEO merupakan materi yang sangat sulit bagi orang awam. Maka diperlukan kelihaian pembicara supaya materi yang disampaikan tersebut dapat diterima secara gampang oleh peserta awam. Tapi bagi seorang blogger itu merupakan hal-hal yang harus ditunjukkan secara nyata. Praktis dan bisa langsung diterapkan alias semi workshop.

Hasil dan Harapan dari Blogilicious de Surabaya

Visi dari Blogilicious de Surabaya, yaitu mengajak anak muda Indonesia menjadi “positive blogger” yang nantinya akan menjadi ujung tombak dari bagian “positive netizen” yakni Gerakan Positif  Blogging yang mewartakan hal-hal positif untuk Netizen (Internet Citizen/ Warga Digital) Indonesia dengan mengambil  SEMANGAT dan NILAI PATRIOTISME Anak Muda Indonesia dimana untuk saat ini BLOGGER juga merupakan salah satu ujung tombak pemberitaan dan pencitraan.

Dari visi diadakannya Blogilicious de Surabaya tersebut, seminar dan semi workshop yang diadakan oleh idblognetwork ini bisa menjadi salah satu sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Idblogilicious atau roadblog di 7 kota hendaknya dapat memberikan pengetahuan bagi generasi muda untuk lebih handal dalam penulisan artikel yang dilandasi dengan etika blogging, SEO, social media, pengamanan blog dan design template serta Blogpreuner dan Blog Monetizing yang mana nantinya nge-blog itu akan juga menjadi tambahan penghasilan yang bermanfaat bagi kita semua.

Blogilicious de Surabaya merupakan awal dari rangkaian event Idblogilicious atau roadblog di 7 kota. Kekurangan dan kelebihan yang ada di Blogilicious de Surabaya ini semoga akan menjadi contoh dari kota-kota lain nantinya serta idblogilicious selanjutnya.

%d bloggers like this: